Kuliah Umum: Kewirausahaan dan Inovasi

Berita Terkini

Jumlah lulusan universitas semakin meningkat dari tahun ke tahun, sementara lapangan pekerjaan hanya menampung sebagian dari lulusan,. hal ini membuat ketatnya persaingan dalam dunia kerja. Bagi yang tidak mampu bersaing, harus bisa menerima keadaan tidak bekerja atau menganggur. Tidak heran jumlah pengangguran semakin meningkat dari tahun ketahun. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa harus mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan tersebut. Untuk menghadapi permasalahan tersebut, Fakultas Psikologi mengadakan kuliah umum dengan tema Kewirausahaan, yang juga menjadi salah satu mata kuliah wajib di Fakultas Psikologi. Bertempat di ruang rapat pimpinan 2, Gedung rektorat, Kuliah Umum kali ini mengambil tema kewirausahaan dan inovasi dengan mengundang Ichksan Akmal Mazas, seorang pengusaha muda yang merupakan CEO Permata hati Group. Salah satu usahanya adalah Hotel di Banda Aceh.

            “Sebagai seorang muda terutama mahasiswa harus bisa berpikir kreatif tidak hanya menunggu dibukanya lapangan pekerjaan tetapi harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan”ujar Ikhsan dalam salah satu penjelasaanya. Ichsan juga memberikan motivas siswa untuk tidak malu, ragu, dan takut memulai berdagang/usaha, meskipun kecil-kecilan, karena Rasulullah pun sejak muda sudah berdagang.

            Peserta yang berjumlah sekitar 70 orang ini, sebagiannya adalah mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan sangat antusias dapat mendengarkan pengalaman langsung dari praktisi. “Mendengar pengalaman langsung seperti ini sangat menarik, tidak melulu teori tapi lansung dari praktisinya, mendengar suka dukanya membangun usaha membuat kita menjadi termotivasi untuk usaha” ujar salah satu mahasiswa peserta kuliah tamu.             Kuliah tamu ini, sekaligus penandatangan kerjasama (MOU) antara Fakultas Psikologi Unmuha dengan Permata hati Grup. Salah satu bentuk kerjasamanya adalah  membuka kesempatan bagi mahasiswa untung magang di Hotel Permata Hati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *