G
N
I
D
A
O
L

Universitas Muhammadiyah Aceh dan Universitas Ahmad Dahlan Laksanakan Pengabdian dan Penelitian Internasional di Thailand

BANGKOK, Thailand – Tim dosen dan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Aceh (UNMUHA) bersama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dan Penelitian Internasional. Kegiatan tersebut berlangsung pada 21–27 Mei 2025 di Witthayapanya Matthayom School, Bangkok, Thailand.

Kegiatan ini merupakan wujud implementasi Kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Ahmad Dahlan, dan Witthayapanya Matthayom School dalam kerangka Tridharma Perguruan Tinggi. Program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan bertajuk “GLOW UP, GROW UP: Memberdayakan Siswa untuk Mengenali Potensi Diri”. Fokus utama program ini adalah pemberdayaan siswa di Witthayapanya Matthayom School. Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran diri, meningkatkan kepercayaan diri, serta mengembangkan potensi dan soft skills siswa melalui berbagai aktivitas interaktif, pelatihan motivasi, dan pendampingan berbasis karakter. Para siswa juga diajak untuk mengeksplorasi kekuatan pribadi dan merancang langkah konkret dalam mencapai tujuan hidupnya.

Selain pengabdian, dilaksanakan pula penelitian internasional dengan judul “Budaya Organisasi: Kunci untuk Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru di Witthayapanya Matthayom School, Thailand”. Penelitian ini menargetkan para guru di sekolah tersebut, dengan tujuan mengkaji peran budaya organisasi dalam membentuk lingkungan kerja yang kondusif dan meningkatkan kepuasan kerja tenaga pendidik. Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif ini dilakukan melalui metode wawancara dan observasi.

Implementasi kegiatan ini diketuai oleh Nur Hasmalawati, M.Si, dari Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Aceh. Anggota tim terdiri dari Rizka Dara Vonna, M.Psi., Psikolog, juga dari Fakultas Psikologi UNMUHA. Dari Universitas Ahmad Dahlan, kegiatan ini melibatkan Khoiriyah Isni, S.KM.,M.Kes dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, serta Khafidhoh, S.Pd.,M.Pd dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.